RSS

Tambourine / Rebana Dance

 

Dance, dance, dance dan dance..

Zaman sekarang ini, sudah begitu banyak aliran dance. Mau dance tradisional ampe yang modern pun sangat banyak. Dance pun sangat berpengaruh pada perkembangan “Tambourine dance” di berbagai Gereja. Dibeberapa Gereja biasa menyebutnya REBANA. Ciri khas tarian ini terletak pada alat yang dipakai saat menari, yaitu tamborin/rebana. Karena itu tarian ini disebut tamborin/rebana.

Rebana dimainkan saat Kebaktian/Ibadah di beberapa Gereja. Dan biasanya, Gereja yang menggunakan rebana adalah gereja yang tata ibadahnya ada Praise & Worship. Karena didalam Praise and Worship seperti namanya, itu terdapat banyak lagu-lagu pujian dan penyembahan yang sangat bagus dikolaborasikan dengan rebana tentunya. Rebana bisa dikategorikan semi Balet, yang dimainkan oleh minimal 2 orang wanita dengan ketukan (hitungan standar) 8-16 tiap gerakan. Dan Gerakan dance menjadi 2 kelompok yaitu Praise dan Worship. Seiring dengan perkembangan zaman, tentunya rebana pun tidak ketinggalan zaman. Kebanyakan tarian rebana sudah tersentuh oleh perkembangan zaman, dan sudah mendapat sentuhan dari dance Hip-hop,dsb.

Tarian rebana pun bukan seperti tarian-tarian lain yang hanya memerlukan seperti latihan dan stamina. Tetapi tarian rebana lebih daripada itu. Karena sebagai pemain rebana, kita harus menyadari. Bahwa ini BUKAN pekerjaan. Tetapi ini adalah PELAYANAN. Setinggi-tingginya kita melayani diberbagai tempat dan berbagai kalangan, tetap penari rebana adalah “pelayan” yang melayani Tuannya (Read : melayani Tuhan). Menyadari bahwa talenta yang didapat dari Tuhan, dan dengan talenta yang didapat, digunakan untuk melayani Tuhan. Itulah pelayanan.

Beberapa hal dasar yang harus diperhatikan bagi pemain rebana. (Ini dapat membantu bagi Penari Rebana Pemula, maupun untuk mengoreksi bagi teman-teman dan aku yang udah duluan dalam bidang ini ) Semoga dapat membantu ^_^”.

  1. Lakukanlah doa sebelum dan sesudah latihan
  2. Dengarkan musik dan pikirkan gerakan apa yang cocok untuk lagu.
  3. Buat gerakan yang maksimal. Kalo tangan harus dibuka layaknya sudut tumpul, jangan dibuka layaknya sudut lancip. (Jangan takut “bulket” ato “basket” apalagi “bauket”.. hahaha).
  4. Rajinlah mengambil waktu tuk bersekutu, membaca Alkitab, doa pribadi dan puasa.
  5. Lakukan yang terbaik untuk Tuhan. Jangan sampai mencuri KemuliaanNya.

Hal yang dilakukan Sebelum,Sementara dan Sesudah Melayani adalah :

  1. Lakukan Doa sebelum dan Sesudah melayani
  2. Atur formasi dengan rapi.
  3. Pandangan lurus kedepan (jemaat), kaki dibuka selebar bahu.
  4. Penari rebana harus mengikuti jalan ibadah juga. Bernyanyi, berdoa, penyembahan dan mendengarkan Firman Tuhan.
  5. Jika terasa lelah saat menari dipuji-pujian, cobalah memakai gerakan yang lebih semangat lagi. Lebih baik memakai gerakan yang menggunakan banyak lompatan. (Jangan kalah dengan rasa lelahmu).
  6. Saat menari, kurangi melirik sesama penari.
  7. Tidak boleh ngobrol.
  8. Duduklah didepan saat mendengarkan Firman. (Jadilah contoh bagi yang lain).
  9. Ingat dosa yang terbesar saat melayani adalah “kesombongan”. Karena itu, lakukan semuanya untuk Tuhan bukan untuk manusia. (Jangan sampai pelayananmu terbakar sia-sia).
  10. Berikan dorongan semangat bagi teman yang merasa kurang dalam pelayanan.
  11. Lakukan penilaian disetiap penampilan sehingga semakin hari penampilan semakin sempurna.

Nah ~ , itu sedikit tips buat teman-teman yang baru belajar rebana maupun mengingatkan bagi yang udah senior. Agar kita lebih maju lagi dalam pelayanan rebana. Karena ini baru sebagian, aku harap kamu bisa menambahkannya, bahkan memberikan komentar. Dan buat yang terakhir, ini kukasih beberapa nama gerakan dasar yang ada dibeberapa gereja (Khususnya Manado) tetapi nama gerakannya biasanya udah diubah.

Okkkeee check it out ^,^ God bless you <3

Praise

  1. Flower A, B
  2. Banners
  3. Jubelation
  4. Haleluya
  5. Balerina
  6. Rejoice
  7. King
  8. Hermon
  9. Clep
  10. Mujizat
  11. Dll

Worship

  1. Praise God
  2. El-shaddai 3,5,7 (Nama yg berbeda disetiap Gereja)
  3. Wipple
  4. Haleluya
  5. Born Again A,B
  6. Thrym
  7. Glory A,B
  8. Salvation
  9. Loving
  10. Merpati
  11. Dll
Tambourine Dance

Gerakan Rebana

 

16 responses to “Tambourine / Rebana Dance

  1. hertha

    1 Maret 2012 at 05:29

    syalom….
    saya salah satu penari tamborin di gereja, tapi saya ingin tau gerakan” baru…
    bisa di bantu ngk?tq

     
    • Stely Lautner Mokoagow

      8 Januari 2013 at 08:47

      Syalom Herta ^^
      Untuk mengetahui gerakan2 baru, kamu butuh seorang pelatih tentunya..
      Kalo kamu berdomisili di Balikpapan, mungkin aku bisa bantu untuk mengajarkan beberapa gerakan baru ^^

       
  2. grosir baju bali murah

    7 Maret 2013 at 03:20

    terima kasihnya atas infonya

     
  3. alan

    17 Juli 2013 at 14:50

    Syalom…
    Permisi mau tanya beberapa..biasa penari tamborin ini kostumnya banyak pilihan warna dan motif gak ya..??
    Terus kadang kok beda ya sebagian penari saya liat baik di indo maupun enggak, ada yang pake alas kaki ada yang enggak..?? Biasa pake alas kaki atau enggak hal yg umum enak2nya biar santai , atau…
    Nah terus (maaf2 yang ini..)
    Masih menyangkut kostum
    Di negara lain umumnya dan bahkan di indo ada beberapa, saya nonton youtube , saya liat penari yg notabene wanita (pria juga ada se minoritas, jarang..)
    Masa pakaiannya ada yg menonjolkan lekuk tubuh, entah terlalu ketat atau apa..??? Padahal buat pelayanan dan ibadah kan harus sopan..
    … saya hanya ingin tau pendapatnya..??
    Thx ya…

     
    • chulovelove

      20 November 2013 at 08:56

      biasa penari tamborin ini kostumnya banyak pilihan warna dan motif gak ya..?? —>> untuk hal ini relatif, tergantung tema (warna yg senada dengan tim pelayanan yg lain, atau sesuai kesepakatan aja)

      Terus kadang kok beda ya sebagian penari saya liat baik di indo maupun enggak, ada yang pake alas kaki ada yang enggak..?? Biasa pake alas kaki atau enggak hal yg umum enak2nya biar santai , atau… —->>> ini juga relatif, tergantung kenyamanan dan kesepakatan. yang penting ada alas kaki mis sepatu atau kaos kaki, jangan bertelanjang kaki

      Di negara lain umumnya dan bahkan di indo ada beberapa, saya nonton youtube , saya liat penari yg notabene wanita (pria juga ada se minoritas, jarang..)
      Masa pakaiannya ada yg menonjolkan lekuk tubuh, entah terlalu ketat atau apa..??? Padahal buat pelayanan dan ibadah kan harus sopan.. —->>> nah kalo yang ini masalah penampilan, intinya adalah sopan dan pakaian & gerakan tarian kita menjadi berkat buat jemaat, bukan mengundang jemaat untuk berbuat dosa dalam pikiran dan perbuatannya gara2 tarian yg kita bawakan. Pakaian rapi, sewajarnya/sopan. Untuk menari dalam konteks pelayanan tidak mengutamakan bentuk tubuh, namun jangan melupakan bahwa tarian itu ada artinya dan tarian itu mengandung unsur seni dan keindahan, termasuk kesopanan.

      Terimakasih atas respon postingan saya yaa :)
      Tuhan Memberkati

       
  4. hanna

    22 Juli 2013 at 07:07

    hai…aku yuli, aku butuh buku panduan untuk tamborine kira2 bisa bantu ga ya?

     
    • wanda

      19 Oktober 2013 at 05:08

      Syalom… saya juga pelayanan tambourine. Jika ada kesempatan silahkan visit miracleoftambourine.com senang berbagi berkat buat teman2.. thx GBU :)

       
      • natalia

        19 November 2013 at 15:25

        Saya kok g isa di buka web miracleoftamborin.com nya??

        Sy pengen belajar gerakan2 baru tamborin. Isa dpt bukunya dimana? Bs di kirim gerakan tamborin dr nama2 gerakan di atas?? Thx

         
  5. mariane

    18 Oktober 2013 at 06:35

    syalom
    seandainya ada kesempatan untuk ini. aku tertarik dengan rebana.

     
    • chulovelove

      20 November 2013 at 09:01

      Selama ada kemauan untuk melayani Tuhan melalui pelayanan ini, pasti kamu bisa :D
      *semangat ^^

       
  6. Shin ELvryn

    27 November 2013 at 01:21

    Thanks for information ya.. God bless

     
    • chulovelove

      28 April 2014 at 06:37

      Terimakasih atas kunjungannya ^^
      God bless you too..

       
  7. Lionie

    25 Januari 2014 at 04:45

    minta video atau gambar langkah”nya dong ka… mau belajar di rumah nih.. :D

     
    • chulovelove

      28 April 2014 at 06:35

      Hihihi.. coba skali2 kunjungi miracleoftambourine.com .. semoga bisa membantu ^_^

       
  8. junia haba

    1 Juni 2014 at 05:57

    Aku pnri tamborin . Punya buku 2 untk tmbrin gak ? Aku cmn pnya buku 1 aja . Thx . Gbu

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: